Tips Aman Vaksinasi Covid-19 untuk Anak dari Guru Besar Unpad

Tips Aman Vaksinasi Covid-19 untuk Anak dari Guru Besar Unpad

Vaksinasi Covid-19 untuk anak sudah mulai dilakukan seiring dikeluarkannya emergency use of authorization (EUA) atau izin penggunaan darurat oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), bagi Vaksin Sinovac. Guru Besar Fakultas Kedoteran Universitas Padjajaran (Unpad), Cissy Kartasasmita, memberikan tips aman bagi anak ingin divaksinasi.

Menurutnya, syarat umum bagi anak yang ingin vaksinasi Covid-19 adalah harus berusia 12-17 tahun, kondisinya sehat meski memiliki penyakit kronis atau komorbid. “Si anak harus stabil, harus siap dan jangan stres atau takut,” ujar dia saat dihubungi Jumat, 20 Agustus 2021.

Selain itu, Cissy yang juga Ketua Satgas Imunisasi di Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), membeberkan cara agar anak tidak takut saat vaksinasi. Yang terpenting, kata dia, orang tua si anak perlu mempelajari di mana tempat vaksinasi. “Anak harus tahu prosesnya, agar tidak ragu,” tutur dia.

Dia juga mengingatkan agar anak atau orang tua tetap mematuhi protokol kesehatan 5M, yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas. Kemudian, duduk rapi sampai dengan dipanggil namanya untuk disuntik, jika perlu bawa air mineral dari rumah. “Jangan berdesakan, jangan bercanda.”

Setelah dipanggil, Cissy menambahkan, anak akan diberikan beberapa pertanyaan yang harus dijawab dengan jujur dan apa adanya. Cissy meminta tidak ada hal yang disembunyikan, misalnya penyakit yang diderita, obat-obatan yang diminum, dan lain-lainnya.

Ketika sudah waktunya disuntik, anak harus tenang dan menarik napas dalam-dalam. “Jangan lupa berdoa,” katanya sambil menambahkan bahwa setelah disuntik agar menunggu 30 menit untuk dilihat bagaimana efek pascavaksinasi.

Setelah itu bisa pulang dan istirahat, serta makan-minum seperti biasa. Untuk makanan dan minuman, Dokter Sepesialis Anak itu mengatakan tidak ada yang khusus. Jika biasa makan pedas tetap diperbolehkan. “Enggak ada yang khusus, yang penting makan dan minum cukup saja. Dan jika ada keluhan, segera lapor ke orang tua atau tenaga kesehatan,” ujar Cissy.

Sebagai informasi, penerbitan EUA dari BPOM itu diputuskan melalui surat bernomor RG.01.02.322.06.21.00169/T, yang terbit akhir Juni. Dalam surat itu, vaksin Sinovac direkomendasikan bisa digunakan pada anak usia 12-17 tahun dengan dosis 600 SU/0,5 mL atau dosis medium.

NafehaApabila engkau menginginkan kemuliaan maka carilah sahabat dari orang orang yang takut kepada Allah subhanahu wataa'la.

Posting Komentar untuk "Tips Aman Vaksinasi Covid-19 untuk Anak dari Guru Besar Unpad"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *