Tetap Prokes, Jangan Semberono Naik Transportasi Umum

Tetap Prokes, Jangan Semberono Naik Transportasi Umum

Untuk dapat senantiasa aman saat berada di transportasi umum selama pandemi, penumpang harus selalu waspada dengan cara menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes). Pasalnya dalam penyebaran Covid-19, transportasi umum, kantor dan restoran memiliki potensi.

Seperti dilansir dari www.kemkes.go.id sebagai salah satu dari tiga ruang publik yang berkemungkinan menjadi kelompok baru penyebaran Covid-19, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mengingatkan kepada masyarakat agar tetap disiplin menerapkan Prokes ketika menggunakan transportasi umum.

Melalui Reisa Broto Asmoro selaku Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Penanganan Covid-19 menyampaikan ada 7 Prokes yang masyarakat harus patuhi ketika berada di transportasi umum. Di antara ketujuh Prokes yang dirumuskan oleh Kementerian Kesehatan bersama Kementerian Perhubungan tersebut ialah:

Lebih lanjut melansir dari corona.jakarta.go.id berikut adalah tips yang bisa Anda terapkan saat akan menggunakan transpotrasi umum.

Pertama, pastikan Anda memakai masker dengan baik dan benar yaitu menutupi area hidung dan mulut. Jangan menurunkan masker ke dagu apalagi membukanya.

Kedua, usahakan untuk tidak berbicara baik itu langsung ataupun melalui ponsel sepanjang Anda berada di dalam transportasi umum.

Ketiga, senantiasa menjaga jarak dengan penumpang lainnya saat menggunakan transportasi umum. agar tidak berdesakan, Anda bisa memilih jam yang tidak banyak penumpangnya dengan menghindari waktu berangkat atau pulang kerja.

Keempat, jaga kerbersihan sebelum dan sesudah Anda menggunakan transportasi umum dengan mencuci tangan di air mengalir atau menggunakan handsanitaizer yang tersedia di halte transportasi umum. Usahakan juga untuk tidak menyentuh permukaan benda yang biasa disentuh orang lain.

Kelima, menggunakan jaket dengan penutup kepala atau pakaian tertutup lain sebagai perlindungan untuk menghindari Covid-19.

Selama menggunakan transportasi umum sudah seharusnya Anda mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah untuk menjaga keselamatan Anda serta orang lain agar terhindar dari penyebaran dan paparan Covid-19.

#Jagajarak #Pakaimasker #Cucitangan

NafehaApabila engkau menginginkan kemuliaan maka carilah sahabat dari orang orang yang takut kepada Allah subhanahu wataa'la.

Posting Komentar untuk "Tetap Prokes, Jangan Semberono Naik Transportasi Umum"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *