Radang Sendi Bukan Lagi Penyakit Lansia, Anak Muda Bisa Kena

Radang Sendi Bukan Lagi Penyakit Lansia, Anak Muda Bisa Kena

Jakarta -Sendi berperan penting dalam setiap pergerakan manusia. Pasalnya sendi merupakan penghubung antartulang.

Radang sendi atau osteoartritis menjadi salah satu penyakit yang harus dihindari karena akan mengganggu aktivitas manusia akibat pengaruh langsungnya terhadap pergerakan tulang. Kondisi gangguan sendi ini tidak hanya menyerang orang-orang lanjut usia namun menyasar pula mereka yanga berada di usia produktif.

Dokter spesialis ortopedi dari Siloam Hospitals Jember, Hantonius, mengatakan osteoartritis terjadi karena penipisan dan kerusakan pada tulang rawan, yakni jaringan keras dan licin yang memungkinkan sendi bergerak tanpa gesekan.

Hantonius menuturkan ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya radang sendi mulai dari aktivitas fisik hingga keturunan. “Faktor genetik berperan sebanyak 50 persen dalam peningkatan risiko osteoarthritis,” katanya dikutip dari laman resmi RS Siloam, Kamis, 22 Juli 2021.

Faktor berat badan berlebih bisa memicu terjadinya osteoartritis. Jika berat badan seseorang berlebih, otomatis sendi harus bekerja lebih keras dalam menumpu beban. Kelebihan beban sendi inilah yang dapat menyebabkan osteoartritis pada remaja.

Selain itu, kata Hantonius, aktivitas fisik yang berlebihan ikut mempengaruhi peradangan ini karena sendi tertekan dalam kurun waktu lama dan terus-menerus. Atlet menjadi salah satu profesi yang rentan terkena osteoartritis karena aktivitas fisiknya yang lebih berat daripada kebanyakan orang.

Gejala osteoartritis pada usia muda biasanya memengaruhi sendi yang sering menahan beban, seperti lutut, pinggul, dan pergelangan kaki. Gejala lainnya juga dapat terlihat saat kesulitan jalan dan jongkok, keterbatasan gerak, cepat lelah, terasa nyeri, dan mudah jatuh. Namun perlu diingat bahwa gejala osteoartritis seseorang dapat berbeda-beda, tergantung dengan persendian yang terpengaruh.

Serupa Tapi Tak Sama, Kenali Perbedaan Osteoporosis dan Osteoartritis

NafehaApabila engkau menginginkan kemuliaan maka carilah sahabat dari orang orang yang takut kepada Allah subhanahu wataa'la.

Posting Komentar untuk "Radang Sendi Bukan Lagi Penyakit Lansia, Anak Muda Bisa Kena"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *