Kirim Surat Lamaran Kerja via Email? Perhatikan Hari dan Jam Agar Dibaca HRD

Kirim Surat Lamaran Kerja via Email? Perhatikan Hari dan Jam Agar Dibaca HRD

Banyak orang mengakui bahwa mencari kerja bukanlah perkara mudah, apalagi jika tidak tahu kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan surat lamaran kerja.

Melamar kerja ternyata juga harus mengetahui momen yang tepat, terutama jika surat lamaran tersebut dikirim lewat surel atau surat elektronik atau email. Untuk itu, sebaiknya ketahui terlebih kapan waktu yang tepat mengirim email surat lamaran agar peluang dibaca pihak HRD juga semakin besar.

Melansir dari akun Instagram Kementerian Ketenagakerjaan @kemnaker, ternyata terdapat banyak penjelasan dari sejumlah ahli yang mendasari pemilihan waktu terbaik untuk melamar kerja. “Rekanaker sebaiknya kamu mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mencari pekerjaan baru,” begitu bunyi unggahan @kemnaker pada Sabtu, 28 Agustus 2021.

Mengirim surat lamaran kerja, menurut para ahli, akan lebih baik jika memilih hari yang tepat. Senin atau Selasa merupakan hari terbaik untuk mengirimkan CV jika dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Bukan Cuma mitos, pendapat ini didasari pada urutan dalam proses melamar kerja.

Dilansir dari careers.workopolis.com, berdasarkan studi yang dilakukan Bright.com, sebanyak 37 persen pencari kerja yang melamar pekerjaan pada hari Selasa, kelompok ini hanya memiliki tingkat keberhasilan 20 persen.

12 Selanjutnya

Namun masih lebih baik bila dibandingkan dengan melamar kerja di hari Sabtu, yakni tingkat keberhasilannya hanya 5 persen. Sementara waktu terbaik adalah di hari Senin dengan persentase keberhasilan hingga 30 persen.

Memilih hari yang tepat juga harus memperhatikan jam yang tepat pula. Menurut unggahan Kemennaker, waktu terbaik untuk melamar kerja adalah antara pukul 10.00 hingga 11.00 dan pukul 14.00 hingga 15.00. Itu berarti, jika menemukan lowongan kerja yang menarik di sore atau malam hari, sebaik tahan hingga besok sebelum mengirim CV.

Sementara zipjob.com menyarankan untuk mengirimkan surat lamaran di pagi hari atau setelah jam 9 pagi. Ini memastikan bahwa resume dilihat oleh pemberi kerja saat mereka pertama kali memeriksa email. Mengirimkannya pagi-pagi sekali, sebelum jam 9 pagi, bisa efektif karena menggambarkan tekad.

Manajer perekrutan mungkin memperhatikan bahwa Anda bangun pagi-pagi untuk mencari pekerjaan. Sejumlah orang mengatakan bahwa mengirimkan surat lamaran kerja di waktu lewat tengah hari juga efektif, tetapi alternatif ini sebaiknya dihindari karena sebagian besar email biasanya diperiksa sebelum makan siang.

NafehaApabila engkau menginginkan kemuliaan maka carilah sahabat dari orang orang yang takut kepada Allah subhanahu wataa'la.

Posting Komentar untuk "Kirim Surat Lamaran Kerja via Email? Perhatikan Hari dan Jam Agar Dibaca HRD"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *