Ketahui Bahaya Memasang Masker di Dagu dan Cara Melepas Masker yang Benar

Ketahui Bahaya Memasang Masker di Dagu dan Cara Melepas Masker yang Benar

Sejumlah perilaku cara hidup di masa pandemi ini memang mengharuskan kita untuk perhatian terhadap hal-hal yang terlihat sepele. Mulai dari penggunaan masker dan kebiasaan cuci tangan. Juga tentang bagaimana seharusnya memakai masker yang benar.

Masih banyak yang memakai masker, tapi hanya cemantel di telinga. Bukan mulut dan hidung yang ditutup, tapi dagu. Bolehkah menurunkan masker di dagu saat sedang digunakan?

Dalam sebuah postingan dari akun Instragram @adamprabata menjelaskan tentang hal itu.

Menurut sang pemilik akun instagram yaitu dr. Adam Prabata yang merupakan dokter umum lulusan Universitas Indonesia dan saat ini sedang menempuh pendidikan Ph.D kardiovaskular di kobe University, Jepang. Mengungkapkan resiko yang bisa terjadi saat menurunkan masker di dagu saat sedang tidak digunakan.

Dilansir dari akun instagramnya, Adam menjelaskan bahwa masih banyak orang-orang yang sering menurunkan masker ke dagu pada beberapa kesempatan seperti pada saat makan dan minum menjadi hal yang dipertanyakan oleh masyarakat.

Karena sebagian masyarakat yang mengangap menurunkan masker ke dagu itu tidak apa-apa, namun ada juga yang menganggap bahwa hal tersebut sebetulnya tidak boleh dilakukan.

Lalu, bagaimana kah cara yang baik dan yang benar saat memakai masker saat tidak digunakan?

Menurut Adam, area dagu dan leher yang memiliki resiko ada droplek berisi virus yang menempel, jika diturunkan pada bagus tersebut tentu saja pada bagian dalam masker akan berisi terkontaminasi virus karena menyentuh area dagu dan leher. Lalu, droplet yang berisi virus akan berisi masuk ke hidung atau mulut dari bagian dalam masker.

Selain itu, saat menurunkan masker tentu saja akan menyentuh bagian masker. baik itu pada bagian tali masker. Namun tindakan tersebut adalah tindakan yang tidak dianjurkan karena berisiko mengkontaminasi masker.

“Menurunkan masker ke dagu merupakan tindakan menyentuh masker yang berisiko mengkontaminasi masker dan ada resiko tangan menyentuh wajah, resiko penularan Covid-19 meningkat,” sebut Adam dalam slide postingan tersebut.

Bukan hanya itu Adam juga menjelaskan bagaimana sebaiknya masker dilepas saat tidak digunakan yaitu dengan cara melelaskan masker sementara, berikut langkah-langkahnya.

1. Pegang tali masker, kemudian regangkan dan lepaskan masker yang digunakan.2. Pastikan hanya memegang tali masker dan hindari menyentuh area masker lainnya.3. Hindari untuk menyentuh mata, hidung, dan mulut saat sedang membuka masker.4. Terakhir wajib mencuci tangan setelah membuka masker. Jika masker telah di lepas simpan masker yang tidak basah atau kotor di kantong kering dan breathable seperti pada kantung kertas, kantung, atau tas bahan kain jala. Bisa juga disimpan pada kantung baju/celana maupun dompet.

NafehaApabila engkau menginginkan kemuliaan maka carilah sahabat dari orang orang yang takut kepada Allah subhanahu wataa'la.

Posting Komentar untuk "Ketahui Bahaya Memasang Masker di Dagu dan Cara Melepas Masker yang Benar"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *