Cara Mengetahui Saatnya Mengganti Peralatan Masak dan Dapur

Cara Mengetahui Saatnya Mengganti Peralatan Masak dan Dapur

Peralatan masak dan dapur membutuhkan perawatan khusus agar dapat memperpanjang umur pakainya. Tetapi sebagian besar peralatan dapur, tidak dimaksudkan untuk generasi terakhir dan pada akhirnya perlu diganti.

“Untuk sebagian besar peralatan dapur, kapan Anda perlu menggantinya tergantung pada penggunaan dan perawatan Anda,” kata Tracy Wilk, instruktur koki di Institute of Culinary Education di New York, Amerika Serikat.

Melansir laman Real Simple, beberapa koki dan profesional dapur lainnya memberikan saran dengan tepat kapan saatnya untuk mengganti beberapa peralatan masak dan dapur yang paling sering Anda gunakan.

1. Panci antilengket

Ini penting di dapur rumah mana pun, terutama jika Anda suka memasak makanan seperti telur, tetapi wajan antilengket juga memiliki masa pakai yang pendek, catat Qi Ai, chef de cuisine di Travelle di The Langham, Chicago. “Ketika panci antilengket Teflon Anda mulai menunjukkan banyak goresan, atau ketika makanan Anda mulai lengket lebih dari biasanya, inilah saatnya untuk menggantinya,” kata Ai. “Selain faktor menjengkelkan karena harus menghabiskan waktu ekstra untuk membersihkan panci Anda, panci yang tergores sebenarnya bisa mulai melepaskan bahan kimia berbahaya.” dia menambahkan. Dengan kata lain, jika Anda melihat ada goresan atau pengelupasan, inilah saatnya untuk mendapatkan wajan antilengket baru secepatnya.

2. Panci dan wajan stainless steel

“Ini adalah salah satu pilihan peralatan masak yang paling tahan lama di luar sana,” kata Jeff Malkasian, presiden Clipper Corporation, yang membuat produk Kuliner Viking. “Saya tahu orang-orang yang masih memasak dengan peralatan masak stainless steel yang mereka beli lebih dari 50 tahun yang lalu.”

Noda air atau perubahan warna karena panas pada panci stainless steel Anda seharusnya tidak mempengaruhi kemampuannya untuk memasak makanan karena tanda tersebut biasanya hanya di permukaan, tetapi jika pegangan pada wadah peralatan masak Anda lepas, lain cerita. “Jika Anda tidak bisa mengencangkannya, cari yang baru yang pegangannya dipaku atau dilas,” saran Malkasian.

3. Blender

Jika Anda membeli blender murah dan mencoba mencampur bahan yang terlalu kental untuk ditangani, motor bisa cepat terbakar. Jika blender Anda bocor dari bawah, berjuang untuk memblender, atau mengeluarkan bau terbakar, Anda tahu inilah saatnya untuk mendapatkan yang baru. “Berinvestasi dalam blender berkualitas tinggi, seperti Vitamix, harus bertahan seumur hidup,” tambah Alex Tubero, koki eksekutif di Amali, New York, Amerika Serikat.

4. Ketel listrik

“Pemeliharaan ini cukup sederhana, tetapi pada akhirnya mereka akan berhenti bekerja,” kata Wilk. Anda mungkin memperhatikan ketel listrik Anda mulai menyala ketika mulai membutuhkan waktu lebih lama untuk memanas, atau tidak memanas sama sekali. Tetapi secara umum, selama Anda merawat ketel dengan baik dan ingat untuk membersihkannya dengan baik, ketel akan bertahan selama beberapa tahun.

5. Pemanggang roti

Penyebab utama yang dapat memperpendek umur pemanggang roti Anda? remah-remah. “Ini pada akhirnya dapat menyebabkan pemanggang roti tidak berfungsi dengan baik, karena tidak mudah dibersihkan,” catat Wilk. Banyak pemanggang roti memiliki baki yang dapat Anda lepaskan untuk membuang remah-remahnya, tetapi beberapa masih dapat tersangkut di dalamnya dan memengaruhi kemampuan pemanggang roti Anda untuk bekerja dengan baik.

Jadi, kapan waktu pemanggang roti Anda? Jika hasil pemanggangan tidak merata, memakan waktu lebih lama dari biasanya, atau menunjukkan tanda-tanda karat, inilah saat yang tepat untuk diganti. Banyak pemanggang roti baru yang memiliki banyak fitur baru yang menyenangkan dan berguna—seperti model dengan layar LED dan fungsi memori untuk menyimpan pengaturan roti panggang Anda—jadi berinvestasi dalam pemanggang roti baru setiap beberapa tahun dapat meningkatkan rutinitas memasak Anda dengan lebih dari satu cara .

5. Food processors atau Pengolah makanan

“Jika Anda berhati-hati dalam mencuci dan selalu memastikan potongannya kering sebelum disimpan, Anda dapat menyimpan pengolah makanan Anda selama bertahun-tahun,” kata Wilk. Untuk menjaga pisau pada pengolah makanan Anda setajam mungkin, Wilk merekomendasikan untuk selalu mencucinya dengan tangan. Namun, jika mata pisau Anda tampak tumpul dan tidak memotong atau menggiling seefisien sebelumnya, mungkin sudah waktunya untuk membeli peralatan baru.

6. Pembuat kopi

Anda juga harus mempertimbangkan untuk membeli pembuat kopi baru jika Anda melihat perubahan dalam aroma. “Anda mungkin ingin membeli yang baru jika kopi Anda tidak beraroma seperti yang Anda inginkan,” kata Wilk. Jika Anda menduga bahwa kopi Anda tidak setebal dulu, coba solusi kerak untuk membersihkan mesin kopi Anda terlebih dahulu, dan lihat apakah itu membuat cangkir Anda kembali normal.

7. Alat memasak kayu

Siapa yang tidak suka sendok kayu yang bagus? “Ini sempurna untuk mengaduk saus dan sup yang direbus lama, dan memberi kita semua perasaan nostalgia yang hangat dan nyaman,” kata Hall. Namun, Anda harus mengganti alat kayu apa pun—termasuk penggulung kayu—segera setelah mulai retak atau panas. “Retakan dan celah itu bisa menampung makanan dan bakteri,” kata Hall.

8. Spatula karet

Nasihat yang sama untuk peralatan kayu juga berlaku di sini. “Ketika Anda mulai melihat spatula karet Anda pecah atau retak, buang saja,” saran Kelsey Barnard Clark, koki dan pemilik di Eat KBC di Dothan, Ala. “Anda bahkan tidak ingin tahu kuman yang bersembunyi di celah-celah itu”

9. Pisau

Pisau tumpul lebih berbahaya daripada pisau tajam, karena pisau tumpul dapat menyebabkan potensi terpeleset dan terpotong. “Meskipun pisau biasanya dapat diasah daripada diganti, jika pegangan Anda sudah aus, atau jika teknik mengasah tidak lagi berfungsi, inilah saatnya untuk mengganti pisau Anda,” kata Pietro Aletto, koki eksekutif. Dia merekomendasikan untuk berinvestasi pada pisau berkualitas tinggi (bukan yang murah), yang dapat dengan mudah bertahan lebih dari satu dekade jika disimpan dalam kondisi baik.

10. Pengupas sayuran

“Gadget yang praktis dan murah ini mirip dengan pisau cukur—setelah digunakan berkali-kali, akan menjadi tumpul dan perlu dibuang,” kata Clark. Jika Anda mencari pengupas sayuran yang memiliki ketajaman yang tahan lama, Clark merekomendasikan pengupas Kuhn Rikon, yang menurutnya akan menyelesaikan pekerjaan.

NafehaApabila engkau menginginkan kemuliaan maka carilah sahabat dari orang orang yang takut kepada Allah subhanahu wataa'la.

Posting Komentar untuk "Cara Mengetahui Saatnya Mengganti Peralatan Masak dan Dapur"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *