Benarkah Hemoroid Disebabkan Faktor Keturunan? Ini Penjelasan Ahli

Benarkah Hemoroid Disebabkan Faktor Keturunan? Ini Penjelasan Ahli

Hemoroid atau wasir terjadi ketika sekelompok pembuluh darah di rektum dan di sekitar anus meradang dan membesar. Hal tersebut dianggap wasir internal ketika terjadi di dalam rektum dan wasir eksternal muncul di kulit sekitar anus. Orang yang berurusan dengan wasir sering mengalami gatal-gatal, nyeri, dan terkadang berdarah. Kondisi ini cukup umum—tiga dari empat orang akan mengalami kondisi tersebut (walaupun tidak semua orang memiliki gejala). Namun, apa yang menyebabkannya tidak terlalu jelas, menurut asisten profesor gastroenterologi di Rumah Sakit Mount Sinai, New York, Amerika Serikat, Elana Maser.

Saat mencari informasi tentang wasir online, Anda mungkin melihat “riwayat keluarga” sebagai faktor risiko. Tetapi itu tidak berarti bahwa kondisi tersebut bersifat genetik, kata Dr. Maser. Untuk sesuatu yang dianggap genetik, itu harus terhubung dengan susunan DNA Anda. Saat ini, hanya ada satu penelitian besar yang menunjukkan korelasi genetik dengan wasir. Sebuah makalah penelitian tahun 2020 yang diterbitkan dalam jurnal BMJ, Gut, menganalisis data genetik dari 944.133 orang dan menemukan 102 lokasi independen dalam genom yang terhubung dengan risiko penyakit wasir. Para peneliti menyimpulkan bahwa penyakit wasir kemungkinan memiliki komponen genetik yang mempengaruhi orang-orang tertentu dengan disfungsi pada otot dan jaringan yang mendukung vena wasir.

Namun, DNA Anda hanyalah salah satu faktor penyebab, kata ahli gastroenterologi, Christine Lee. “Kami pikir ada beberapa komponen genetik karena, secara genetik, jika Anda memiliki pembuluh darah yang lebih lemah atau otot yang lebih lemah, Anda sedikit lebih berisiko terkena wasir,” katanya, seperti dilansir dari laman Well and Good. “Tapi ada sedikit gaya hidup yang terlibat juga.”

Pada dasarnya, apa pun yang memberi banyak tekanan pada rektum Anda dapat menyebabkan hemorid, kata Dr. Lee. Itu termasuk duduk untuk waktu yang lama, kehamilan (berkat berat bayi), sembelit, diare, dan bahkan menghabiskan terlalu banyak waktu di toilet.

Apakah Anda akan mendapatkan wasir atau tidak, bisa jadi ada sedikit faktor genetik, tetapi itu juga tergantung pada kebiasaan gaya hidup yang mungkin Anda pelajari dari keluarga Anda. Jika orang tua Anda tidak makan banyak serat, Anda mungkin juga tidak. Jika orang tua Anda tidak banyak berolahraga, Anda mungkin juga belajar untuk melewatkan gerakan. Dan jika keluarga Anda menyimpan rak majalah atau video game genggam di kamar mandi, Anda mungkin menghabiskan waktu nongkrong di toilet lebih lama. Apakah Anda mempelajari kebiasaan ini dari orang tua Anda atau mengembangkannya sendiri, dokter dapat menghubungkan faktor gaya hidup seperti diet, olahraga, dan waktu di toilet dengan wasir.

Jadi apa yang dapat Anda lakukan jika Anda memiliki riwayat keluarga wasir—genetik atau tidak? Riwayat keluarga Anda mungkin meningkatkan risiko Anda, tetapi perubahan gaya hidup dapat membantu mencegahnya.

Pertama, pastikan Anda mengonsumsi cukup serat dan minum air putih setiap hari. Anda akan menemukan banyak serat dalam makanan sederhana seperti kacang-kacangan, lentil, dan buah-buahan atau sayuran yang memiliki kulit — bahkan kentang adalah sumber serat yang bagus. Secara bertahap meningkatkan asupan serat harian Anda menjadi 20 hingga 30 gram sehari dapat mengurangi gejala wasir (seperti pada pendarahan atau gatal), kata Dr. Maser.

Dan, seperti banyak aspek kesehatan kita, olahraga dapat membantu, tetapi penting untuk berolahraga dengan benar, kata Dr. Lee. Jika Anda mengangkat beban (atau apa pun) dan Anda menutup pernapasan, itu sebenarnya meningkatkan risiko wasir. “Jadi, Anda ingin memastikan bahwa Anda menghembuskan napas saat Anda mendorong,” kata Dr. Lee. Pelatih yang baik akan mengajarkan Anda untuk bernapas saat Anda mengangkat.

Serat, air, dan olahraga sangat membantu karena membantu mencegah sembelit, tetapi berusahalah untuk keluar dari toilet segera setelah Anda selesai. “Ketika Anda duduk di sana terlalu lama dan Anda mendorong, ada risiko prolaps jika dasar panggul Anda tidak kuat,” kata Dr. Lee.

Namun jika Anda sudah menderita hemoroid, dalam jangka panjang, perubahan gaya hidup itu masih bisa membantu. Tapi itu tidak menenangkan gatal-gatal di bagian bokong. Anda bisa menggunakan krim wasir untuk meredakannya. Jika wasir Anda lebih serius – jika berdarah atau nyeri atau jika Anda dapat merasakannya keluar, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

NafehaApabila engkau menginginkan kemuliaan maka carilah sahabat dari orang orang yang takut kepada Allah subhanahu wataa'la.

Posting Komentar untuk "Benarkah Hemoroid Disebabkan Faktor Keturunan? Ini Penjelasan Ahli"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *