3 Jenis Penyebab Utama Pneumonia, Bisa Seberapa Parah?

3 Jenis Penyebab Utama Pneumonia, Bisa Seberapa Parah?

Pneumonia merupakan infeksi yang menyebabkan peradangan pada kantung udara di salah satu atau kedua paru-paru. Seseorang yang menderita pneumonia kantung udaranya berisi nanah atau cairan yang menyebabkan batuk berdahak, demam, menggigil, hingga kesulitan bernapas.

Tingkat keparahan pneumonia berkisar dari ringan hingga parah dan dapat mengancam nyawa. Pneumonia paling serius dialami oleh bayi dan anak-anak, lansia, dan orang dengan masalah kesehatan atau kekebalan tubuh yang lemah.

Pneumonia disebabkan berbagai hal. Dilansir dari laman Mayo Clinic, jenis penyebab pneumonia dibagi menjadi community-acquired pneumonia (pneumonia yang berkembang di masyarakat), healthcare-associated pneumonia (pneumonia yang disebabkan akibat perawatan rumah sakit), dan aspiration pneumonia (pneumonia yang disebabkan aspirasi)

Selanjutnya, mycoplasma pneumoniae juga dapat menyebabkan pneumonia, tetapi dengan gejala yang lebih ringan ketimbang pneumonia jenis lain. Sedangkan jamur yang menyebabkan pneumonia dapat ditemukan di tanah maupun kotoran burung.

Healthcare-associated pneumoniaJenis penyebab pneumonia yang satu ini terjadi selama atau setelah seseorang tinggal di tempat perawatan kesehatan. Tempat perawatan kesehatan termasuk rumah sakit, fasilitas perawatan jangka panjang, dan pusat dialisis.

Orang yang tinggal di rumah sakit mengalami pneumonia karena penyakit lain. Pneumonia yang disebabkan oleh bakteri di rumah sakit bisa jadi lebih berbahaya karena bakteri tersebut lebih kebal terhadap antibiotik dan orang yang mengidap penyakit ini sudah sakit terlebih dahulu.

Aspiration pneumoniaPenyebab pneumonia jenis ini terjadi ketika Anda menghirup makanan, minuman, muntah, atau air liur ke dalam paru-paru Anda. Penyebab jenis ini berpotensi terjadi terutama jika terdapat gangguan pada refleks muntah Anda akibat cedera otak, penggunaan obat-obatan hingga minuman alkohol yang berlebihan.

NafehaApabila engkau menginginkan kemuliaan maka carilah sahabat dari orang orang yang takut kepada Allah subhanahu wataa'la.

Posting Komentar untuk "3 Jenis Penyebab Utama Pneumonia, Bisa Seberapa Parah?"

Silakan tinggalkan komentar. Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *